Akun Google Akan Kirim Notifikasi Masalah Keamanan di Akun Pengguna

Aplikasi-aplikasi Google akan memberi informasi ke pengguna tentang adanya masalah keamanan terkait akun mereka.

Alih-alih memakai email untuk menginformasikan jika ada masalah keamanan pada akun, Google akan menghadirkan notifikasi ke pengguna.

Pasalnya, salah satu masalah dalam penggunaan email untuk mengirim pemberitahuan tentang potensi masalah keamanan di akun adalah email bisa dipalsukan oleh pihak lain.

“Ketika kami mendeteksi masalah keamanan serius pada Akun Google, kami akan secara otomatis menampilkan tanda menggunakan aplikasi Google yang dipakai dan membantu pengguna menanganinya,” kata Google, seperti dikutip dari Ubergizmo, Jumat (9/10/2020).

Lebih lanjut Google menyebut, dengan notifikasi ini, pengguna tidak perlu mengecek email.

“Pemberitahuan baru ini bebas dari pemalsuan, sehingga Anda yakin ini berasal dari kami,” kata Google.

Google mencatat bahwa ketika pengguna mendapatkan pemberitahuan adanya masalah keamanan, mereka langsung mengambil langkah atas informasi tersebut.

Google mengklaim, di tahun 2015 ketika perusahaan mulai mengeluarkan notifikasi ke pengguna melalui Android, Google melihat ada peningkatan 20 kali lipat jumlah orang yang memberi respons, satu jam setelah mereka mendapat notifikasi.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi-aplikasi Google sendiri, kemungkinan besar pengguna cenderung lebih banyak menangani masalah ini ketimbang dengan metode lain seperti email.

Google menyebut, mereka akan meluncurkan fitur tersebut ke sekelompok kecil pengguna terlebih dahulu. Selanjutnya Google akan memperluas ketersediaannya awal tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *