Fitur Baru Bagi Orang Tua Untuk batasi TikTok

Fitur Baru Bagi Orang Tua Untuk batasi TikTok

Platform share video pendek TikTok dapat dibilang kian digandrungi oleh para remaja, termasuk anak-anak. Konten yang tersiar di TikTok sendiri beragam, menjadi dari konten lucu, konten berita, sampai konten yang termasuk dalam kategori tidak pantas untuk dilihat oleh anak-anak di bawah umur.

Untuk mencegah aneka konten “berbahaya” tersebut dilihat oleh anak-anak, TikTok merilis sederet fitur anyar ekstra terhadap fitur pengecekan orangtua ( parental control) bernama Family Pairing. Deretan fitur pengawasan anak ini dibeberkan dalam sebuah pengumuman di blog formal TikTok. Sebagian fitur ini sesungguhnya sudah diperkenalkan terhadap April lalu, kini sudah orangtua sudah dapat mengfungsikan secara penuh. Salah satu yang baru adalah fitur Search, yang seperti namanya, menghalangi akun anak-anak mengfungsikan fitur pencarian reguler di TikTok.

Fitur ini sendiri biasanya digunakan untuk mencari konten, musik, akun TikTok, dan lain sebagainya. Kemudian, tersedia fitur yang dapat menghalangi siapa saja yang dapat mengomentari tulisan akun anak pengguna. Pilihannya termasuk teman (friends), semua orang (everyone), atau tidak satupun orang yang dapat mengomentari tulisan anak (no one). Baca juga: TikTok Ungkap Alasan Video Pengguna Dihapus Ilustrasi fitur Family Pairing yang sudah dilengkapi bersama sederet fitur baru. Lihat Foto Ilustrasi fitur Family Pairing yang sudah dilengkapi bersama sederet fitur baru.

Ada pula fitur Discoverability yang dapat mengubah akun anak-anak menjadi private, dengan sebutan lain tidak dapat dicari di TikTok, serta fitur untuk memelihara konten apa saja yang sudah disukai (like) oleh anak-anak. Nah, fitur-fitur anyar ini, pantauan KompasTekno, Jumat (20/11/2020), sudah dapat diaktifkan di aplikasi TikTok lewat menu Family Pairing di menu pengaturan (Settings). Perlu dicatat, sebelum kenakan fitur Family Pairing, para orangtua diwajibkan untuk menghubungkan (link) akun TikTok mereka ke akun anak terutama dahulu.

Baca juga: Induk TikTok Luncurkan Gadget Ramah Anak Tambahan dari fitur yang sudah tersedia Sebagai informasi, semua fitur baru ini merupakan pelengkap dari aneka fitur Family Pairing yang sudah tersedia di TikTok sejak berbulan-bulan lalu. Beberapa di antaranya termasuk Screen Time Management untuk menghalangi pemakaian TikTok, serta Restricted Mode untuk menghalangi konten agar safe dlihat anak-anak, sebagaiana dirangkum KompasTekno dari NewsroomTikTok, Sabtu (21/11/2020).

Ada pula fitur pembatasan Direct Message (DM) yang dapat memblokir siapa saja yang dapat berkirim pesan privat ke anak-anak via TikTok. Sehingga para orangtua agaknya tidak perlu kuatir anak mereka dikirimi bersama aneka DM berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *