Google Bersihkan 3 Aplikasi Tak Berguna

Google Bersihkan 3 Aplikasi Tak Berguna

Google dilaporkan menghapus tiga aplikasi anak berasal dari Play Store karena International Digital Accountability Council (IDAC) mengidentifikasi pelanggaran terhadap data yang dikumpulkan oleh ketiga aplikasi tersebut.

Mengutip TechCrunch, IDAC melaporkan bahwa aplikasi ini tidak melanggar pedoman berkaitan kode etik. Namun IDAC mendapatkan masalah di dalam kerangka kerja terhadap aplikasi yang memakai SDK berasal dari Unity, Umeng, dan Appodeal.

Google mengonfirmasi bahwa aplikasi yang dirujuk di dalam laporan IDAC ini udah dihapus berasal dari Play Store dan meyakinkan bahwa pihaknya tetap menyita tindakan setiap kali mendapatkan aplikasi yang melanggar kebijakan.

Bagaimana respon kamu perihal artikel ini?

IDAC menunjukkan persoalan ditemukan di dalam praktik pengumpulan data oleh tiga perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK) yang digunakan di dalam aplikasi. Tiga SDK yang digunakan di dalam aplikasi dilaporkan tidak cocok bersama dengan kebijakan lebih luas Google Play berkaitan pengumpulan data.

IDAC juga menjelaskan bahwa versi spesifik berasal dari SDK Unity menghimpun AAID pengguna dan ID Android secara bersamaan. Tindakan ini bertentangan bersama dengan kebijakan privasi Google dan memungkinkan pengembang untuk meremehkan kendali privasi serta mencari pengguna berasal dari saat ke saat di semua perangkat.

Sebagai informasi, AAID merupakan info identitas atau ID unik Android dan kerap digunakan untuk periklanan. Berbeda bersama dengan pengenal unik Android lain, pengguna miliki kebolehan untuk merubah pengaturan AAID perangkat mereka.

Melalui web site resmi, IDAC menjelaskan bahwa perusahaan dapat mencari pengguna saat AAID ditautkan atau dihubungkan bersama dengan ID Android bersama dengan pengaturan yang tidak dapat diubah. Laporan ini meraih banyak perhatian karena berjalan saat Google sedang menjadi fokus publik.

Namun laporan IDAC ini tidak menjelaskan ada pelanggaran yang sukses teridentifikasi, serta tidak menyertakan informasi spesifik berkaitan kuantitas informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *