Mouse dan Keyboard Khusus Untuk Disabilitas

Mouse dan Keyboard Khusus Untuk Disabilitas – Mahasiswa Fakultas Metode Mesin serta Pabrik Universitas Gajah Mada( UGM) Yogyakarta menghasilkan mouse serta keyboard pc buat penyandang disabilitas.

Ciptaannya diberi julukan Diamond ataupun Difabel mouse serta keyboard. Penyandang disabilitas tangan dapat dengan gampang mengakses pc.

Pimpinan Regu Mahasiswa UGM Hilmy Andang Kurniawan berkata, hasil penemuan itu buat adu I- Create di Bangkok.

” Berkah hasil itu kita dihubungi pihak PT Telkom Indonesia buat mengembangkannya,” ucap Hilmy.

Hilmy berkata, Diamond terencana terbuat buat mempermudah penyandang disabilitas bagian atas dikala memakai pc.

” Diamond terbuat lebih besar dengan dimensi khusus sebab peletakannya di dasar. Keyboard ini telah kita perubahan, dengan cuma 34 tombol, lebih simpel bila dibandingkan keyboard lazim, 46 tombol,” dempak Hilmy.

Hilmy menarangkan, 34 tombol terdiri 26 tombol graf abjad semacam pc biasanya, sebaliknya tombol lain jadi satu dengan tombol ikon lain.

Bagi ia, dimensi Diamond dekat 50 x 20 centimeter, ketinggian 15 centimeter serta kemiringan 15 bagian. Perihal itu baginya supaya Diamond lebih aman dipakai penyandang disabilitas.

” Pada awal mulanya kita membuat prototipe Diamond ini menghabiskan perhitungan sebesar Rp 5 juta. Tetapi bayaran itu dapat ditekan jadi cuma Rp 3 juta sehabis terdapatnya dorongan pengembangan dari PT Telkom. Buat langkah dini, kita bikin 10 buah serta diserahkan pada yayasan ataupun sekolah spesial untuk penyandang disabilitas,” pungkas Hilmy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *