Para Ilmuwan Mengungkapkan Susunan Es Greenland Mengalami Pencairan Terbesar

Para Ilmuwan Mengungkapkan Susunan Es Greenland Mengalami Pencairan Terbesar

Setelah memecahkan rekor suhu, para ilmuwan mengungkapkan susunan es Greenland mengalami pencairan terbesar pada musim panas yang terjadi Kamis, (15/8).

Para Ilmuwan Mengungkapkan Susunan Es Greenland Mengalami Pencairan Terbesar

Saat itu, Greenland kehilangan 11 miliar ton es ke permukaan laut. Es yang mencair tersebut setara dengan 4,4 juta kolam renang Olimpiade.

Dilansir berasal dari CNN, selama Juli lantas saja Greenland taruhan bola udah kehilangan sekitar 197 miliar ton es. Ahli iklim Institut Meteorologi Denmark Ruth Mottram menyebutkan bahwa pencairan es udah terjadi selama 4 bulan terakhir.

Menurutnya, tahun ini diperkirakan masih dapat tersedia 70 miliar ton es yang dapat mencair.

Biasanya es dapat mencair selama musim panas tetapi tahun ini merupakan yang terparah. Bulan Juli lantas adalah bulan terpanas selama sejarah.

Kondisi ini pun dipicu oleh gelombang panas yang melanda Eropa lebih dari satu selagi lantas dan membawa dampak kenaikan sekitar 1/2 milimeter ketinggian air laut secara global. Selain itu, gelombang panas terhitung diperkirakan membawa dampak 100 kebakaran hutan intens yang belum dulu terjadi di awalnya di kutub pada Juni lalu.

Menurut Ruth, kondisi cuaca seperti ini dapat terus berlanjut sampai akhir Agustus dapat tetapi kuantitas es yang mencair diperkirakan tidak dapat sebanyak minggu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *