Setelah 20 Tahun Diluncurkan, Observatorium Chandra X-Ray NASA Berhasil Merilis Enam Gambar Galaxy

Setelah 20 Tahun Diluncurkan, Observatorium Chandra X-Ray NASA Berhasil Merilis Enam Gambar Galaxy

Setelah 20 tahun diluncurkan, Observatorium Chandra X-Ray NASA merilis enam gambar gugusan galaksi yang baru ditangkap. Dilansir dari Space, NASA merilis enam gambar yang menyatakan sinar dari rasi bintang kecil sampai susunan gugusan galaksi yang besar.

Setelah 20 Tahun Diluncurkan, Observatorium Chandra X-Ray NASA Berhasil Merilis Enam Gambar Galaxy

Direktur pusat sinar-X Chandra Belinda Wilkes mengutarakan observatorium tersebut tetap tak tertandingi di dalam kekuatan menemukan dan mempelajari sinar-X.

“Karena nyaris tiap tiap sumber astronomi memancarkan sinar-X,Taruhan Bola kami perlu teleskop layaknya Chandra untuk seluruhnya melihat dan paham alam semesta kita,” paham Wilkes.

Misi Chandra telah berkembang dengan pemahaman manusia perihal ruang. Ketika diluncurkan dua dekade lalu, observatorium ini cuma ‘menangkap’ beberapa exoplanet yang diketahui.

Namun, selagi ini, Chandra secara teratur mengamati bagaimana radiasi bintang mempengaruhi planet yang mengorbitnya. Gelombang gravitasi (riak besar di dalam ruang-waktu) cuma teori pada 1999, tetapi sekarang Chandra mengamati hasil merger lubang hitam dan peristiwa lain yang menghasilkannya.

Teleskop ini terhitung terlibat di dalam pengamatan yang belum melaksanakan transisi itu, layaknya studi perihal kekuatan gelap, fenomena yang tidak cukup dimengerti yang dipercayai membentuk beberapa besar alam semesta manusia.

Observatorium Chandra berasal dari nama penerima Hadiah Nobel Subrahmanyan Chandrasekhar, seorang astrofisikawan Amerika-India. Observatorium ini diluncurkan pada 23 Juli 1999.

Chandrasekhar melaksanakan perjalanan ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik Columbia dan telah mengorbit Bumi dan melihat langit sejak selagi itu.

Gagasan untuk Chandra telah ada sejak lebih dari 40 tahun yang lalu, dengan proposal asli Riccardo Giacconi dan Harvey Tananbaum pada 1976. Giacconi menerima Hadiah Nobel Fisika 2002 karena kontribusinya di dalam astronomi sinar-X, dan Tananbaum adalah direktur pertama dari Chandra X-Ray Center, yang mengoperasikan instrumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *