Superkomputer Fugaku yang Diklaim Paling Cepat Sedunia

Pusat studi objektif Jepang, RIKEN serta Fujitsu Ltd di Kobe meningkatkan superkomputer Fugaku. Yang diakui bagaikan pc sangat kilat serta sangat kokoh sejagat dalam TOP500 superkomputer bumi pada Senin 22 Juni 2020.

Fugaku dari Jepang ini menggeser posisi superkomputer AS Summit ke posisi kedua.

Teknologi chip superkomputer itu dipasok oleh Arm Ltd yang berpangkalan di Inggris tetapi ialah properti kepunyaan Softbank Group Corp. Jepang. Fugaku memiliki kecekatan 415, 6 petaflops ataupun dekat 2, 8 kali bekuk lebih kilat dari Summit yang kecepatannya 148, 6 petaflops, ialah penampilan perhitungan perdetik dengan 15 nihil di balik digitnya.

Superkomputer memiliki kecekatan 1. 000 kali bekuk pc wajar.

” Buat awal kalinya suatu superkomputer Jepang jadi pemuncak TOP500 ranking supercomputer sekalian tingkatan HPCG, HPL- AI serta Graph500,” tutur ketua RIKEN, Satoshi Matsuoka semacam diambil dari DW Indonesia, Rabu( 24 atau 6 atau 2020).

Tolong Perangi Endemi Corona COVID- 19

Fugaku, yang berarti Gunung Fuji dalam bahasa Jepang saat ini telah dipakai buat melawan endemi COVID- 19. Pc membuat imitasi gimana“ droplets“ ataupun tetes larutan badan menabur di dalam ruang kantor yang dipasangi partisi penghalang ataupun di dalam sepur yang penuh ketat dengan jendela dibuka.

” Aku menginginkan teknologi data sangat canggih yang kita kembangkan, dapat berkontribusi pada perkembangan besar mengalami tantangan sosial susah semacam COVID- 19“, ucap Matsuoka dalam suatu statment.

Fugaku diperkirakan hendak bekerja sepenuh kapasitasnya mulai bulan April 2021 sehabis cara pengembangan sepanjang 6 tahun.

Apa Khasiat Superkomputer?

Menimbang kecekatan prosesing yang luar lazim, penguasa umumnya memakai superkomputer buat membuat imitasi dentuman nuklir usebagai pengetesan senjata dengan cara virtual. Para akademikus pula menggunakan superkomputer buat membuat bentuk sistem hawa serta studi bioteknologi.

Naoki Shinjo, corporate executive officer Fujitsu berkata,” berambisi Fugaku dapat membuktikan efektifitas amat besar dalam aplikasi bumi jelas.”

Shinjo pula meningkatkan, impian yang lain merupakan superkomputer hendak memainkan andil dalam membuat cetak biru warga 5. 0 di Jepang. Ialah suatu warga berplatform teknologi, yang mencampurkan intelek ciptaan, big informasi serta intenet buat meningkatkan warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *