Tips Teknologi: Atur Keamanan Browser Agar Terhindar dari Hacker

 

Tips teknologi kali ini mengulas tentang bagaimana cara melakukan pengaturan browser agar terhindar dari pencurian data pribadi oleh peretas atau hacker. Pasalnya, banyak pengguna smartphone tidak menyadari bahwa browser ponsel pintarnya sangat mudah berakhir di situs web yang samar dan berpotensi terjadi peretasan.

Ada beberapa platform pencarian informasi yang aman dan sering digunakan di antaranya Chrome, Firefox, Safari atau Edge. Namun, untuk membuat platform tersebut lebih aman, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, berikut detailnya, seperti dikutip Fox News, Minggu, 6 September 2020:

1. Pengaturan lokasi, mikrofon, atau kamera

Sebagian besar browser web mengakses lokasi geografis Anda melalui alamat IP Anda untuk menyajikan hasil pencarian lokal. Browser Anda mungkin juga memiliki akses langsung ke izin penggunaan kamera dan mikrofon internal perangkat Anda.

Ini memang nyaman, tapi ini merupakan risiko keamanan yang sangat besar. Dengan perangkat lunak berbahaya yang tepat, peretas bisa menggunakan akses itu untuk keuntungan mereka. Hentikan kemungkinan itu dengan membatasi akses ke lokasi, kamera, dan mikrofon Anda.

Sebaliknya, buat browser meminta izin setiap kali mencoba mengaksesnya. Dari browser Anda, buka Pengaturan atau Preferensi, dan lihat di bagian bawah, pilih Privasi atau Privasi dan Keamanan. Di bawah Layanan Lokasi atau Lokasi, pilih Tolak tanpa diminta atau Tanya sebelum mengakses.

Lakukan hal yang sama juga pada pengaturan Kamera dan Mikrofon di pengaturan Privasi Anda. Anda mungkin perlu masuk ke pengaturan komputer di Mac untuk menyesuaikan akses, ini bukan hanya Safari. Langkah tersebut juga berlaku pada situs Chrome, Firefox, dan Edge.

2. Hentikan download otomatis sebelum dimulai

Seperti layanan lokasi dan akses cepat ke kamera Anda, browser Anda juga bisa mengunduh sesuatu saat Anda mengeklik. Jangan sampai seperti itu, karena membuka unduhan secara otomatis dapat menimbulkan masalah keamanan.

Untuk menghentikannya, ada beberapa langkah. Pertama pada Chrome, Anda cukup klik menu tiga titik, lalu pilih Pengaturan. Klik pilihan Privasi dan Keamanan di sebelah kiri, pilih Pengaturan Situs. Di bagian bawah terdapat ‘Izin’, klik Download otomatis, dan alihkan ke tombol Tanya saat situs … ke Aktif.

Sementara untuk Firefox, klik menu tiga baris di kanan atas, lalu pilih Opsi. Setelah itu pilih tab ‘Umum’, dan cari tajuk ‘Aplikasi’. Dengan setiap jenis konten terdaftar, pastikan tindakan diatur ke Selalu tanya untuk mencegah semua jenis file disimpan secara otomatis.

Kemudian untuk platform Safari, cukup buka Preferensi. Pilih di bagian bawah ada tab Umum, lalu klik menu Lokasi unduhan file, kemudian pilih Tanya untuk setiap unduhan. Dan Edge, cukup dengan klik menu tiga titik, lalu pilih Pengaturan, cari bagian Download, di sebelah kiri. Setelah itu setel tombol Tanya saya apa yang harus dilakukan dengan setiap unduhan ke Aktif.

3. Nonaktifkan pop-up dan pengalihan

Pop-up dalam situs web adalah bagian yang normal dari penjelajahan web. Namun, jendela baru yang mengirimi Anda spam dengan pemberitahuan, iklan, atau tautan misterius untuk diklik adalah berita buruk. Hal yang sama berlaku untuk pengalihan, mengirim Anda dari situs yang sangat aman yang Anda kunjungi ke situs dengan tujuan yang lebih jahat, sehingga perlu mengendalikannya agar semuanya tidak terjadi secara otomatis.

Jika Anda menggunakan platform Chrome, klik menu tiga titik, lalu pilih Pengaturan. Di pilihan Privasi dan keamanan, klik Setelan situs, kemudian pilih pengalihan, dan aktifkan Blokir.

Sementara jika menggunakan Firefox, klik menu tiga baris di kanan atas, lalu pilih Opsi. Pilih bagian Privasi & Keamanan di sebelah kiri, gulir ke bawah ke Izin dan centang kotak Blokir jendela pop-up.

Sedang Safari, cukup buka tab Preferensi dan Keamanan, lalu centang kotak blokir jendela pop-up. Sementara Edge, hanya klik menu tiga titik, lalu pilih Izin situs, setelah itu pilih Pop-up dan pengalihan, lalu aktifkan Blokir.

4. Jadikan platform jelajah pribadi sebagai teman Anda

Mari luruskan satu hal, menggunakan mode pribadi atau penyamaran browser tidak menyembunyikan semua yang Anda lakukan dari ISP, keluarga, perusahaan, atau sekolah Anda. Jendela pribadi tidak menyimpan riwayat penelusuran, cookie, data situs, atau informasi formulir Anda. Mereka juga bisa lebih menjauhkan iklan hasil personalisasi yang mengikuti Anda di web.

Anda dapat membuka jendela pribadi melalui menu browser Anda atau dengan pintasan keyboard. Untuk Chrome, lakukan langkah klik menu tiga titik, lalu pilih Jendela penyamaran baru. Anda juga bisa menekan Ctrl + Shift + N di Windows atau Command + Shift + N di Mac.

Sedangkan Firefox, cukup klik menu tiga baris di kanan atas, lalu pilih Jendela Pribadi Baru. Atau ketik Ctrl + Shift + P di Windows dan Command + Shift + P di Mac. Sementara di platform Safari, klik File, lalu Jendela Pribadi Baru, atau ketik Command + Shift + N.

Untuk platform Edge, klik menu tiga titik di kanan atas, lalu jendela InPrivate Baru. Anda juga dapat menekan Ctrl + Shift + N di Windows atau Command + Shift + N di Mac.

5. Gunakan versi terbaru

Tambalan dan pembaruan browser berisi perbaikan untuk titik-titik lemah dalam keamanan, gangguan, dan masalah umum lainnya. Seperti sistem operasi Anda, penting untuk memastikan browser Anda selalu mutakhir.

Pembaruan biasanya terjadi secara otomatis saat Anda menutup dan membuka kembali browser Anda. Anda juga dapat memeriksa secara manual untuk memastikan. Jika Anda tidak melihat apa pun yang mengikuti langkah-langkah di bawah ini, berarti Anda sudah menggunakan browser versi terbaru.

Untuk yang menggunakan Chrome, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudian klik Perbarui Google Chrome, lalu Mulai Kembali. Firefox, cukup pilih menu tiga baris, klik Help, dan About Firefox. Kemudian Firefox akan memeriksa pembaruan dan mengunduhnya secara otomatis, setelah unduhan selesai, klik Mulai Ulang untuk memperbarui Firefox.

Sedangkan bagi yang menggunakan Safari, klik menu Apple, lalu App Store. Setelah itu pilih Pembaruan untuk memindai sistem Anda. Jika pembaruan tersedia, pilih Perbarui atau Perbarui Semua. Anda mungkin perlu memasukkan ID Apple dan kata sandi Anda, lalu pilih Masuk.

Sementara Edge, klik menu tiga titik di sudut kanan atas, pilih Bantuan dan umpan balik, lalu Tentang Microsoft Edge. Edge akan memindai pembaruan dan mengunduh secara otomatis jika ada. Klik Restart untuk menyelesaikan proses.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *