Tokopedia Mengakui Susah Mengontrol Peredaran Product Ilegal

Tokopedia Mengakui Susah Mengontrol Peredaran Product Ilegal

Tokopedia mengakui susah untuk mengontrol peredaran product ilegal, khususnya ponsel ilegal. Pasalnya, platform Tokopedia berbentuk user generated content (UGC) dengan kata lain para penggunalah yang mengunggah konten.

Tokopedia Mengakui Susah Mengontrol Peredaran Product Ilegal

taruhan bola Head of Category Browse & Content Tokopedia Cynthia Limin mengatakan meskipun sulit, Tokopedia secara proaktif melakukan pemblokiran pada product llegal.

“Sebenarnya untuk produk-produk ilegal dikarenakan sebenarnya kami marketplace menjadi umumnya adalah konten UGC. Tapi kami terhitung proaktif take down dan sedia kan sarana sehingga pengguna bisa melaporkan product ilegal,” ujar Cynthia usai peluncuran fitur ‘Tukar Tambah’ di kantor Tokopedia, Jakarta Selatan, Jumat (18/7).

Cynthia mengatakan Tokopedia patuh dan mengatur pada ketentuan pemerintah berkenaan validasi IMEI. Menurutnya, Tokopedia apalagi mendukung pemerintah untuk mendata ponsel-ponsel bersama dengan IMEI legal.

Di Tokopedia sebagai platform kami sebenarnya comply jika bersama dengan ketentuan pemerintah,” ujar Cynthia.

Cynthia mengatakan didalam fitur ‘Tukar Tambah’, penjual ponsel lama mesti memasukkan nomer IMEI sebelum Tokopedia menaksir harga ponsel tersebut.

“Tukar jadi ini mendukung pemerintah dari segi IMEI-nya dikarenakan ada kontrol IMEI, kemudian kami melakukan Know Your Customer (KYC) bagi tiap tiap orang yang melakukan pindah tambah. menjadi kami melihat siapa saja yang melakukan pindah jadi dan kami simpan datanya,” katanya.

Sebelumnya, Tokopedia bekerja serupa bersama dengan situs pindah jadi Laku6 baru saja meluncurkan fitur ‘Tukar Tambah’ yang menyebabkan pengguna bisa menukar ponsel lama bersama dengan yang baru.

Mengandalkan kecerdasan buatan dan AI punya Laku6, harga ponsel bisa ditaksir secara online di aplikasi. Kemudian harga ponsel lama akan kurangi harga ponsel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *