Tren Teknologi Penyelamat Perusahaan Di Kondisi Pandemi

4npm – Teknologi adalah tali pengaman selama pandemi Covid-19 global. Dengan teknologi, perusahaan dapat menciptakan cara baru dalam bekerja dan berbisnis, menciptakan interaksi dan pengalaman baru, serta meningkatkan kesehatan dan keselamatan.

Tren Teknologi Penyelamat Perusahaan Di Kondisi Pandemi

Menurut laporan tahunan ke-21 Accenture, laporan tersebut mengungkapkan bagaimana perusahaan-perusahaan terkemuka telah mempersingkat satu dekade transformasi digital menjadi satu atau dua tahun.

“Covid-19 mendorong perusahaan, termasuk Indonesia, untuk menggunakan teknologi dengan cara yang luar biasa dengan kecepatan yang mereka anggap tidak mungkin, sehingga perusahaan dan komunitasnya dapat terus beroperasi,” Ujar Kher Tean Chen – Country Managing Director, Accenture in Indonesia saat diskusi virtual, pada Rabu (7/4).

Retno Kusumawati, Managing Director of Technology, Accenture Indonesia, mengatakan perusahaan perlu mempertimbangkan kembali pengembangan dan implementasi aplikasi, serta bersaing dalam arsitektur teknis untuk meningkatkan kelincahan dan fleksibilitas.

Accenture mensurvei lebih dari 6.200 pemimpin bisnis dan teknologi untuk laporan “Visi Teknologi”. 92% responden mengatakan bahwa perusahaan mereka melakukan inovasi teknologi karena mereka terdorong untuk mempromosikan Covid-19 dan perlu mengambil tindakan.

Dari hasil survei dapat disimpulkan bahwa pasca pandemi Covid-19, perusahaan harus merespon dan menguasai lima tren teknologi dalam tiga tahun ke depan untuk mempercepat dan menguasai perubahan di semua aspek bisnisnya:

Mengatur sistem IT secara strategis

Perusahaan bersaing ketat dalam merancang sistem IT. Namun, membangun dan menggunakan tumpukan teknologi yang paling kompetitif berarti pemikiran yang berbeda tentang teknologi, yang membuatnya sulit untuk membedakan antara strategi bisnis dan teknologi.

89% eksekutif percaya bahwa berdasarkan batasan dan peluang arsitektur teknis mereka, kemampuan perusahaan untuk menciptakan nilai bisnis akan meningkat.

Kekuatan Digital Twins cerdas

Para pemimpin membangun digital twins yang cerdas untuk menciptakan model nyata dari pabrik, rantai pasokan, siklus produk, dll. Integrasi data dan kecerdasan yang mewakili dunia fisik di dunia digital akan membuka peluang baru untuk operasi, kolaborasi, dan inovasi.

65 persen eksekutif yang disurvei memperkirakan bahwa investasi digital perusahaan mereka pada digital smart twins akan meningkat dalam tiga tahun ke depan.

Ahli Teknologi: Demokratisasi Teknologi

Sekarang, siapa pun di semua fungsi bisnis dapat menggunakan fungsi luar biasa, menjadikan lapisan fondasi teknis sebagai bagian dari strategi inovasi perusahaan.

Kini, setiap karyawan dapat menjadi inovator, mengoptimalkan pekerjaannya, memecahkan masalah, dan menjaga bisnis tetap dekat dengan perubahan kebutuhan baru. 88% eksekutif percaya bahwa demokratisasi teknologi penting untuk mendorong inovasi di seluruh perusahaan.

Bawa lingkungan kerja ke mana saja

Salah satu perubahan terbesar dalam angkatan kerja pada suatu waktu adalah perusahaan perlu memperluas batasan di antara mereka. Ketika orang dapat “membawa suasana kerja mereka sendiri”, mereka dapat bekerja dengan lancar di mana saja (baik di rumah, di kantor, di bandara, di kantor mitra, atau di mana pun).

Melalui model seperti itu, para pemimpin dapat memikirkan kembali tujuan bekerja di setiap lokasi dan mendorong perancangan ulang peluang bisnis di dunia baru ini.

81% eksekutif setuju bahwa perusahaan terkemuka di industri ini akan mulai bergeser dari pendekatan “bawa perangkat Anda sendiri” menjadi pendekatan “bawa suasana kerja Anda sendiri”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *